Tentang Mainecoon

 Hal pertama yang perlu diketahui mengenai kucing maine coon tidak lain adalah asal-usul dari kucing spesies terbesar ini. Dikatakan, kucing maine coon dibawa pertama kali oleh orang Viking ke Amerika Utara sebelum Columbus melakukan pelayaran. Namun ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa kucing ini merupakan kucing Maria Antoinette yang berbulu panjang yang dikirim ke Amerika.

Dari berbagai referensi yang mengatakan asal-usul kucing maine coon, pendapat yang paling dipercaya adalah bahwa kucing ini pertama kali ada di tahun 1861. Kucing tersebut bernama Captain Jenks of The Horse Marines dengan bulu hitam dan putih. Kemudian pada tahun 1895 terdapat kucing maine coon betina yang bernama Best Cat yang pernah mengikuti acara kucing di Madison Square Garden.

Diketahui, kucing maine coon menjadi kucing kelima di organisasi Cat Fanciers Association pada tahun 1908. Setelah itu, kucing jenis ini menjadi populer di Britania Raya sebelum muncul jenis kucing persia dan siamase.

Karakteristik pertama yang palung menonjol adalah bentuk tubuhnya yang besar dengan tinggi bisa mencapai 1 meter.

Dengan postur tubuhnya yang besar, tidak heran jika kucing ini mempunyai bentuk tulang kuat dan besar untuk menopang tubuhnya. Panjang kucing ini bisa mencapai 121 cm, yang diukur dari ujung kepala hingga ekor. Biasanya kucing maine coon jantan memiliki berat sekitar 6 – 9 kg, sedangkan betina memiliki berat antara 4 – 6 kg.

Karakteristik kucing maine coon berikutnya dapat dilihat dari bentuk wajahnya. Kucing ini memiliki bulu yang lebat di sekitar wajah dan kepala. Bukan hanya itu, wajahnya juga mirip seperti singa, dengan telinga yang runcing, besar, dan ditumbuhi banyak bulu. Selain itu, tulang pipi kucing maine coon berbentuk oval dan cukup lebar dengan bentuk dahi melengkung dan mata yang besar.

Karakteristik kucing maine coon selanjutnya adalah bulunya yang panjang dan lebat. Pada musim dingin, kucing ini bisa memiliki bulu hingga mencapai 7 cm. Selain lebat dan panjang, bulu kucing maine coon juga memiliki tekstur halus dan tidak dapat ditembus air.

Dibandingkan dengan jenis kucing lain, bulu maine coon memiliki warna dan motif yang beragam. Tidak heran jika banyak pecinta kucing yang berminat dengan jenis kucing maine coon ini.

Karakteristik kucing maine coon yang terakhir yaitu ekornya yang panjang. Bukan hanya panjang, namun ekor kucing ini juga memiliki bentuk yang runcing hingga ujung. Selain itu, ekor maine coon juga ditumbuhi bulu yang lebat, panjang, dan mekar seperti kemoceng. Ini juga menjadi salah satu karakteristik unik yang membuat tampilan kucing maine coon menarik.

Kucing maine coon dikenal sebagai kucing dengan karakter yang aktif dan lincah. Hal ini dapat dilihat dari kebiasaannya yang lebih sering berada di luar kandang daripada di dalam kandangnya.

Selain itu, kucing ini juga tidak takut air sehingga Anda mungkin menemui kucing maine coon yang hobi bermain air. Di samping sifatnya yang lincah dan aktif, kucing maine coon juga memiliki sifat mandiri jika dibandingkan dengan jenis kucing lain. Tentu sifat ini menjadi kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis kucing lain.




Lebih baru Lebih lama