Kualitas Kucing Maine Coon

Kualitas Kucing Show Quality, Breed Quality, dan Pet Quality

Sebelum anda mengadopsi kucing ras, anda perlu jeli dalam memilih kucing yang mana yang akan anda adopt. tulisan ini coba memberikan gambaran tentang kualitas kucing ras. semoga bermanfaat. 

-------------------------------
"STANDARD KUALITAS KUCING"
-------------------------------

Terdapat tiga standar kualitas kucing yang dikategorikan oleh organisasi penggemar kucing, yaitu Pet Quality, Breed Quality dan Show Quality.

Munculnya pengelompokan standar kualitas ini didasarkan pada TUJUAN pemeliharaan kucing tersebut, yaitu :
- Pet Quality = Memelihara kucing untuk kesenangan/hobby saja, dan tidak untuk diternakkan, masuk kategori Pet Quality.
- Breed Quality = Memelihara kucing yang memenuhi standard untuk diternakkan, sekaligus untuk kesenangan/hobby, masuk kategori Breed Quality.
- Show Quality = Memelihara kucing karena ingin menang dalam lomba/kontes kucing, ingin memenuhi standard, untuk diternakkan, sekaligus untuk kesenangan/hobby, masuk kategori Show Quality.

Ketiga standar kualitas inilah yang menjadi acuan atau panduan seseorang dalam memilih, membeli, memelihara, maupun mengembang-biakan kucing. 

----------------------------------------------------------------

Berikut ini diuraikan mengenai ketiga standad kualitas kucing.

----------------------------------------------------------------

---------- Pet Quality (PQ)
Pet Quality adalah kucing yang tidak seluruhnya memenuhi standar, baik kesempurnaan genetic, warna, maupun bentuk tubuhnya. Umumnya kucing seperti ini (pet quality) dipelihara dengan tujuan :
- Kesenangan atau hobby; 
- untuk menyalurkan kasih sayang;
- sebagai cara efektif untuk mengurangi ketegangan saraf atau stress;
- untuk menghangatkan suasana rumah;
- untuk teman bermain seluruh keluarga, termasuk anak-anak;
- untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak-anak, meningkatkan kemandirian anak-anak;
atau sekedar untuk pendidikan anak agar menyayangi binatang;
- dsb.

----- Pet Quality, hasil kawin silang ras Persian dng Angora
Pet Quality, hasil kawin silang ras Persian dng kucing pet quality.
Terdapat 3 kelompok Kucing Pet Quality, sbb : 

1. Kelompok Pertama 
Kucing yang keturunan dan silsilahnya jelas, namun karena kedua induknya berbeda ras (kawin silang), maka keturunannya menjadi tidak mempunyai ras tertentu. Dan ada juga yang menyebutnya sebagai ras baru, namun setiap ras baru (hasil kawin silang), akan diakui setelah beberapa generasi dari ras terkait menunjukkan hasil yang sama dengan ras baru tsb. 

2. Kelompok Kedua 
Kucing yang SALAH SATU induknya masuk kategori pet quality, sehingga anaknya turut masuk kategori pet quality (walaupun induk yang satunya kategori breed quality). 

3. Kelompok Ketiga 
Kucing yang memang tidak jelas keturunannya, juga tidak jelas silsilahnya. 

Jadi, kucing ini mayoritas muncul akibat "kecelakaan kawin silang", yaitu kawin silang yang tidak disengaja dari dua ras kucing. 
Kemudian kucing-kucing ini kawin dengan kucing lainnya (baik kucing yang memiliki ras tertentu atau pun kucing sejenis), sehingga menghasilkan berbagai kucing yang tidak mempunyai ras tertentu. 

Itulah yang membuat kenapa jumlah kelompok ini lebih dari 99% kucing di dunia (berdasarkan penelitian, dari seluruh kucing di dunia, 99% lebih adalah Pet Quality, dan kurang dari 1% adalah Breed Quality atau Show Quality). 

Jumlah Pet Quality menjadi sangat dominan, dikarenakan selain faktor di atas, juga dikarenakan hanya sebagian kecil saja penggemar kucing yang memelihara kucing untuk dikembang-biakkan sekaligus benar-benar menjaga "ras/jenis" kucing tersebut. Sedangkan sebagian besar penggemar kucing memeliharanya hanya untuk kesenangan, untuk menyalurkan kasih sayang, untuk pendidikan anak agar menyayangi binatang, dsb. 

Catatan : Kucing pet quality menurut aturan asosiasi kucing sebenarnya tidak untuk dikembangbiakkan / di ternak

-------- Breed Quality,
Kucing jenis ras Persia (Persian)Masing-masing asosiasi/federasi/klub tersebut memiliki standard tersendiri untuk suatu jenis/ ras kucing. Kadang untuk jenis ras kucing tertentu diakui dan dianggap memenuhi standard di suatu klub kucing, namun di klub kucing lainnya, jenis/ras tersebut tidak diakui. 

Sebagai contoh : untuk kucing ras Burmese, terdapat perbedaan standard antara Cat Fanciers' Association (CFA), United Burmese Cat Fanciers (UBCF), The International Cat Association (TICA), dan the United Kingdom Governing Council of the Cat Fancy (GCCF). 

Mayoritas perbedaan tersebut pada pengakuan "warna" kucing. Jadi, misalkan kucing burmese dengan warna tertentu di UBCF dan TICA tidak diakui (tidak memenuhi standard) berarti tidak masuk kategori "Breed Quality", namun di CFA dan GCCF diakui (memenuhi standard), berarti masuk kategori "Breed Quality". Kemudian bagaimana statusnya ? Statusnya adalah breed quality di CFA dan GCCF. 

Setiap kucing Breed Quality harus memiliki dokumen2/surat2 yang terdiri dari : Surat Identitas Kucing (Surat Silsilah dan Surat Registrasi/Cat ID), serta Sertifikat Vaksinasi.

Bila tidak ada Surat/Sertifikat Identitas Kucing, maka kucing tersebut bukan kategori Breed Quality. 

----------------------------------------------------------

--------- Show Quality (SQ)

Terdapat empat definisi (pendapat) mengenai kucing dengan standard "Show Quality" : 
- Definisi/pendapat pertama
Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang "dianggap" mempunyai peluang untuk menang dalam lomba/kontes kucing.
- Definisi/pendapat kedua
Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang pernah diikutkan (disertakan) dalam lomba/kontes kucing dan lolos dalam seleksi standard kucing.
- Definisi/pendapat ketiga
Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang salah satu induknya (orang-tuanya) pernah menang dalam lomba/kontes kucing.
- Definisi/pendapat keempat
Kucing dengan standard "Show Quality" adalah kucing Breed Quality yang kedua induknya (orang-tuanya) pernah menang dalam lomba/kontes kucing.
  
----- Definisi/pendapat manakah yang benar ?
Umumnya breeder (peternak/penyayang kucing) cenderung menggunakan definisi yang pertama. Hal ini sesuai dengan tujuan utama pemeliharaan kucing "Show Quality" tersebut, yaitu untuk dilombakan dalam kontes kucing dan memiliki peluang untuk menang.

Yang pasti, tidak ada kucing "Show Quality" yang selalu menang setiap dipamerkan atau mengikuti kontes kucing (cat show). Karena masalah kalah-menang bagaimanapun juga bergantung dari penilaian para jurinya, yang tentu saja berusaha seobyektif mungkin sesuai dengan conditioning (berat badan ideal, kondisi kulit, bulu, mata dan keseluruhan tubuh yang ideal), dan faktor2 lainnya (sesuai pandangan/penilaian masing2 juri). 

Umumnya para peternak kucing (breeder), telah memantau seluruh kucing-kucingnya dan akan langsung memisahkan kucing-kucingnya yang dianggap "sangat baik kualitasnya", yang kemudian dia kategorikan sebagai kucing Show Quality. Dan selanjutnya akan dia pelihara dan dia latih dengan fasilitas dan perhatian yang lebih baik dibandingkan kucing-kucing lainnya. 

Dari segi harga, kucing kategori Show Quality ini berharga mahal bahkan sangat mahal. Tidak ada standard harga tertentu, karena kucing tersebut seolah sudah seperti "barang seni", yang harganya bergantung dari "minat + selera pemilik" dan "minat + selera pembeli"-nya. Untuk seekor anak kucing, harganya bisa 10 juta, 20 juta, 30 juta, 100 juta, dsb-nya.

------------------------------------------
----------------------
Contoh membedakan kualitas kucing di kucing Jenis Maine coon

Sesuai standart Maine coon utk kepala adalah : 
- Kuping tinggi agak sedikit miring, 
- jarak antara kuping ideal,
- ada bulu kuping lebih di sukai, 
- Moncong kotak dan jelas,
- Tidak boleh terlalu jauh dan terlalu dekat, harus proporsional, 
- mata besar dan sedikit almond karena tertutup kelopak mata atas, tetapi pada saat ada ekpresi menarik mata terlihat membulat, 
- dagu terlihat kuat, 
- batang hidung ada sedikit lekukan tetapi tidak boleh terlalu dalam , 
- tinggi dari dagu bawah ke atas kepala lebih tinggi sedikit di bandingkan dengan lebar 

--------------------------------------------------
Coba identifikasikan mana yang menurut anda kucing show Quality dan breed quality ? show quality = sesuai standart kalau di show kan akan mendapat gelar GC/GIC sedangkan Breed Quality = kucing yang standart nya kurang sempurna
-----------------------------------------------------------------------
 Secara umum bila di lihat dari bentuk Moncong dan Dagu, ada faktor lain yang mempengaruhi, misalnya kekurangan nya adalah Jarak Kuping yang terlalu jauh, atau kuping terlalu kecil dan bentuk kuping terlalu bulat seharusnya bentuk kuping maine coon harus point tetapi agak membulat. Tentunya dalam menentukan kwalitas MC selain dari faktor muka , juga di perlukan penilaian bagian lain misalnya Ukuran Badan, bentuk kaki depan dan belakang, panjang badan , rambut nya, ekor nya, warna rambut dll, Di CFA ada beberapa hal yang di diskwalifikasi misalnya Polydactil, warna Thicked Tabby, cacat spt Buntut bengkok, rahang undershot, begitu juga di Fife, ada tambahan ukuran badan yg terlalu kecil maka ia tidak masuk standart. 



Lebih baru Lebih lama